Pantai Cipatujah, dari Kekayaaan Terumbu Karang hingga Balap Kerbau




Salah satu pantai yang cukup sering disinggung di selatan Jawa Barat adalah Pantai Cipatujah, Tasikmalaya. Dengan bentang pantai yang panjang dan lebar --sekitar 115 hektare-- Cipatujah memiliki potensi besar untuk wisata pantai. Seperti umumnya pantai-pantai selatan Pulau Jawa yang berhadapan muka dengan Samudera Hindia yang terkenal ganas, Pantai Cipatujah memiliki gelombang-gelombang ombak yang besar. Pantainya yang landai terhampar begitu luas hingga ujung pandangan, dengan vegetasi khas pantai berpasir seperti pohon nyiur, rumput angin, dan tapak kambing.

Terletak kurang lebih 74 km dari pusat  kota  Tasikmalaya  dan  179  km  dari  Bandung, Pantai Cipatujah menyimpan potensi lainnya, yaitu pasir besi. Pantai ini pun memiliki kekayaan terumbu karang dan menjadi tempat favorit ikan untuk bertelur. Karena itu, nelayan dan warga setempat menolak penambangan pasir besi di pantai ini karena mereka khawatir habitat ikan dan lingkungan di pantai ini rusak.

Luasnya pantai ini membuat wisatawan sangat leluasa untuk bermain dan bercengkerama di sekitarnya. Tak heran bila masyarakat dan wisatawan sering memanfaatkannya untuk berbagai aktivitas, seperti berolahraga, berjemur, makan-makan bersama keluarga, atau mengadu nasib dengan mengail ikan di muara sungai.

Atraksi Balap Kerbau
Untuk sebuah pantai yang memiliki keindahan dan pesona luar biasa, Pantai Cipatujah relatif tidak begitu ramai dikunjungi wisatawan. Kalah jauh bila dibandingkan dengan Pantai Pangandaran. Namun, hal itu tentu saja sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang lebih tenang. Meski demikian, bukan berarti tidak ada kegiatan menarik sama sekali di pantai ini. Karena warga setempat yang memiliki ternak kerbau, pada waktu-waktu tertentu sering mengadakan atraksi menarik, yaitu balap kerbau.

Kegiatan ini tentu saja sering menyedot perhatian wisatawan setiap balap kerbau dilangsungkan. Para wisatawan dan peternak berkerumun dan berinteraksi di tengah-tengah kumpulan kerbau. Tak heran bila kegiatan ini pun sering juga disebut "kumpul kebo" yang tentu saja memiliki arti yang harafiah karena memang berkumpul dengan hewan-hewan beranduk itu.

Apalagi, balap kerbau tidak hanya mempertontonkan keahlian para penggembala setempat, wisatawan pun dipersilakan untuk menguji ketangkasannya dalam mengendarai kerbau dan bertanding antarsesama wisatawan. Bagi para pengunjung, terutama bagi wisatawan mancanegara, hal ini tentu saja menjadi pengalaman langka yang sangat berkesan. Kegiatan ini semakin meriah karena diramaikan dengan kesenian rakyat seperti kendang penca.

Fasilitas dan Tarif di Pantai Cipatujah
Ketika tsunami menerjang pantai selatan Pulau Jawa pada tahun 2006, tak urung Pantai Cipatujah pun terkena dampaknya. Meski demikian, warga dan para pelaku pariwisata setempat dengan didukung pemerintah membenahi berbagai fasilitas yang rusak diterjang gelombang besar itu. Saat ini di Cipatujah tersedia berbagai sarana dan prasarana untuk melayani para wisatawan, seperti resort, warung makanan, balawisata, dan kios wisata.

Salah satu tempat bagi para wisatawan yang hendak menginap adalah Taman Yokima Resort Hotel and Restaurant di Jl. Pantai Pariwisata, Desa Pesanggrahan RT 09/RW 03, Cipatujah, Jawa Barat. Kisaran harga menginap di sini Rp 437.000-Rp 451.000 berdasarkan tarif rata-rata untuk kamar standard.

Rute ke Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
Untuk mencapai pantai di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat ini, Anda yang berasal dari Bandung atau Jakarta dan mengendarai kendaraan pribadi bisa memulai perjalanan dengan melalui jalur Nagreg setelah keluar dari pintu Tol Cileunyi, kemudian menuju Tasikmalaya.  Dari pusat Kota Tasikmalaya, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengikuti jalur berliku-liku menuju Cipatujah dengan kondisi jalan yang relatif bagus.

Sementara bila mencoba naik angkutan umum, Anda yang berasal dari Bandung bisa naik bus Budiman (AC atau non-AC) dari Terminal Cicaheum dengan rute Bandung-Tasikmalaya. Sampai di Terminal Tasikmalaya, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus rute Tasikmalaya-Cipatujah. Nah, cukup mudah bukan? Selamat berwisata.

Taman Yokima Resort Hotel and Restaurant
Alamat : Jl. Pantai Pariwisata, Desa Pesanggrahan RT 09/RW 03
Cipatujah, Jawa Barat
Telepon: 0852-8890-4490

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS