Wisata Jabar

Curug Badak, Cisayong, Tasikmalaya





Tasikmalaya menyimpan potensi wisata yang sebetulnya bisa lebih dijual sebagai destinasi para pelancong. Hanya sayangnya promosi dan pengelolaan fasilitas belum digarap secara maksimal. Beberapa tempat wisata di Tasikmalaya kini mulai ramai dicari para wisatawan.

Untuk pengembangan wisata, Tasikmalaya sebenarnya mempunyai aneka potensi yang dimiliki. Hal ini dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata sejarah. Untuk wisata alam, Tasikmalaya mempunyai potensi wisata pantai seperti di daerah selatan; wisata pegunungan seperti di Gunung Galunggung; hingga wisata curug (air terjun).

Rute Menuju Curug Badak Cisayong, Tasikmalaya
Salah satu tempat wisata curug di Tasikmalaya yang kini menjadi buruan adalah Curug Badak. Air terjun ini berlokasi di Kampung Cicurug, Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Keindahan alamnya sungguh indah dengan hiasan air mengalir di antara batu-batu yang menyerupai badak.

Untuk sampai ke tempat ini, memang cukup menantang, Jalan menuju ke curug ini hanya bisa dilalui oleh kendaran roda dua. Rute perjalanannya adalah dari Indihiang - Sukaratu. Bagi Anda yang senang bersepeda gunung, lokasi wisata ini bisa menjadi salah satu tempat untuk disambangi.

Jalur untuk ke Curug Badak bisa melewati jalan Ciawi - Singaparna - Desa Santanamekar - Curug Badak. Curug yang tidak jauh dari curug gado bangkong ini memiliki pemandangan batu-batuan besar. Batu-batuan tersebut memiliki lekukan yang membentuk sebuah kolam air. Kedalaman kolam tersebut kira-kira setinggi paha orang dewasa. Airnya pun sangat jernih.

Curug yang terletak di kaki gunung galunggung ini masih jarang dikunjungi sehingga pemandangannya pun masih asri. Lokasi wisata ini dari jalan raya berjarak sekitar 8 km, dari jalan akses motor sekitar 1 km, sisanya hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Pemandangan Alam Nan Asri
Saat memasuki area ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan sangat asri, udara yang bersih, dan melewati perkampungan penduduk yang ramah-ramah. Keindahan ini akan mengobati lelahnya jalan kaki yang berliku dengan jalur cukup terjal. Curug Badak memiliki kedalaman sekitar 250-300 meter. Di sana terdapat kumpulan batu-batuan yang indah hasil dari lelehan magma Gunung Galunggung yang dilalui oleh aliran sungai.

Dinamakan Curug Badak, menurut legenda, zaman dahulu ada seekor badak yang terjerembab dalam kubangan aliran sungai sampai tenggelam. Nah kejadian itu yang membawa asal usul penamaan curug ini. Bahkan ada kepercayaan bahwa batu-batu tersebut adalah jelmaan badak yang tenggelam.

Pengunjung bisa menyusuri bukit dan lembah di sekitar area curug. Curug Badak sendiri merupakan hulu Sungai Cimangpang (anak sungai Ciloseh). Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekaligus berfoto-foto. Pengunjung bisa juga mencoba merasakan segarnya air di curug ini. Untuk fasilitas pendukung di sekitar lokasi memang baru seadanya. Baik itu dari pengelolaan tempat wisata hingga penyediaan sarana pendukung, misalnya, untuk makanan baru ada warung-warung pinggir jalan sebelum masuk wilayah curug.

Curug Badak
Kampung Cicurug, Desa Santanamekar,
Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.
(dekat Curug Gadobangkong)