Wisata Jabar

Menikmati Eksotisme Pulau Biawak, Indramayu





Mungkin tak banyak yang tahu dengan keberadaan pulau ini, pulau yang memiliki potensi wisata alam nan eksotis di laut Jawa. Pulau ini adalah Pulau Biawak. Pulau Biawak terletak di sebelah utara Pulau Jawa bagian tengah, masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Dimana pulau ini memiliki luas daratan 742 hektar yang sebagian besar terdiri dari hutan bakau, Pulau Biawak menjadi kawasan konservasi endemik burung-burung liar dan bagi biawak-biawak yang ada di sana.

Pulau Biawak yang berlokasi sekitar 38 km dari bibir Pantai Tirtamaya Juntinyuat Indramayu. Ada dua lain juga di sekitar Pulau ini, antara lain Pulau Gosong dan Pulau Candikian.Untuk sampai ke pulau ini dibutuhkan sekitar 2 sampai dengan 4 jam waktu perjalanan dengan menggunakan speedboat.

Perjalanan yang sangat panjang, tapi akan terbayar lunas dengan keindahan Pulau Biawak. Sesampainya di sana, wisatawan akan bertemu dengan dermaga yang jadi satu-satunya gerbang masuk menuju Pulau Biawak ini. Anda pun akan bertemu dengan penghuni tetap dari pulau yang satu ini, yaitu Biawak yang bernama latin Varanus salvator.

Bagi wisatawan yang memiliki nyali lebih, tentunya bisa berfoto dengan reptil yang satu ini. Biawak yang berada di pulau ini rata-rata memiliki panjang 1,5 meter hingga 2 meter. Hewan reptil yang menjadi ikon pulau Biawak ini tergolong unik, karena bisa hidup di air asin. Hamparan pasir putih yang ada di sepanjang pantai di Pulau Biawak ini sangat sayang untuk dilewatkan bagi wisatawan yang berkunjung.

Bahkan pemandangan yang indah tersuguh di ketinggian sekitar 70 meter dari menara mercusuar peninggalan Belanda berdiri kokoh sejak tahun 1872. Mercusuar yang masih beroperasi dab dijaga oleh seorang penjaga ini, menjadi spot favorit wisatawan untuk melihat keindahan pemandangan.

Adapun waktu yang paling cocok untuk menikmati segala sauasana yang ada di pulau ini yaitu ketika sore hari hingga matahari terbenam. Wisatawan bisa bermalam dengan menggunakan barak yang tersedia di komplek mercesuar atau mendirikan tenda. Jika anda ingin berwisata ke pulau ini disarankan untuk datang di bulan Oktober, dimana arus dan ombak relatif lebih tenang.

Bagi wisatawan yang tertarik berwisata ke tempat yang satu ini bisa merogoh uang sewa speedboat sebesar 5 juta rupiah untuk 12 orang. Atau 8 juta rrupiah untuk menyewa speedboat berpenumpang 25 orang.