Wisata Jabar

Mengawali Tahun Baru, Jalur Pendakian ke Gunung Gede Pangrango Ditutup




Bagi para pencinta alam atau para pendaki, nama gunung Gede dan gunung Pangrango sudah tidak asing lagi. gunung Gede yang memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdp serta gunung Pangrango yang memiliki ketinggian sekitar 3.019 mdpl merupakan cagar taman nasional yang berada di wilayah Sukabumi Bogor dan Cianjur, merupakan salah satu gunung tujuan para pendaki.

Panorama di puncak dan kawah gunung Gede sangatlah indah. Terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu hamparan puncak Gede yaitu kawah Lanang, kawah Ratu dan kawah Wadon. Pemandangan kala sunset dan sunrise pun sangat efektif menyihir para pendaki ketagihan ingin kembali menikmati pemandangan yang indah dengan berlatarkan hamparan kota Cianjur, Sukabumi dan Bogor terlihat sangat jelas.

Selain keindahan di puncak gunung, adapula padang savana yang sangat terkenal yaitu Alun-alun Suryakencana, yang mana merupakan dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweis. Alun-alun ini berada pada ketinggian 2.750 m dpl.

Bertepatan pada awal tahun 2016 ini Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) secara resmi menutup jalur pendakian ke puncak gunung Gede dan gunung Pangrango mulai tanggal 1 januari 2016 sampai dengan tanggal 31 Maret 2016. Guna mengembalikan lagi ekosistem kelestarian hutan, serta memberikan waktu istirahat untuk hutan yang ada di sekitar gunung gede pangrango.

Setelah sebelumnya, menjelang Tahun Baru 2016 ini banyak pendaki yang berbondong-bondong memadati, gunung Gede dan gunung Pangrango untuk merayakan pergantian Tahun Baru di puncak gunung. Hampir kurang lebih selama satu tahun terakhir ini, kegiatan pendakian ke puncak gunung menjadi sangat populer dikalangan anak muda. Para pendaki yang ingin menikmati rekreasi yang jauh dari hingar bingar kepadatan perkotaan biasanya datang dari Jakarta, Bogor, Sukabumi dan berbagai kota lainnya.