Info Wisata

Berwisata ke Terasering Panyaweuyan Argapura, Majalengka






Mungkin, memang tak banyak orang yang tahu dengan potensi wisata yang ada di daerah Majalengka. Majalengka merupakan daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan produksi genteng khas nya. Kini Kabupaten Majalengka mulai berbenah diri, dalam waktu dekat ini akan segera beroperasi bandara berskala internasional yang ada di wilayah Kertajati, Majalengka. Tentu saja akan berimbas dengan semakin menggeliatnya kehidupan di daerah Majalengka khususnya sektor pariwisatanya.

Kabupaten Majalengka yang sebagian daerahnya tepatnya di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kuningan merupakan daerah kaki gunung Ciremai, yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Dengan kondisi geografi seperti itu menjadikan daerah tersebut menjadi daerah pertanian dan perkebunan, serta banyak menyimpan potensi-potensi wisata yang menarik. Tepatnya di daerah Kecamatan Argapura ada suatu tempat yang sangat indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang ingin menikmati keindahan alam yang hijau. Ladang yang berundak-undak di sekitar lereng kaki Gunung Ciremai menambah keindahan yang memanjakan mata ini.

Sebagian wilayah Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka merupakan daerah perbukitan terjal dengan ketinggian antara 400-2000 meter dpl, dan kemiringan tanahnya berkisar antara 25%-40%. Mengikuti kontur tanah yang miring, maka beberapa lahan dijadikan berundak-undak, sehingga terciptalah sawah terasering yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Beberapa hasil bumi unggulan yang dapat kita temukan di kawasan ini, diantaranya seperti: bawang daun, padi, boled (ubi jalar), bawang merah, dan sebagainya.

Terasering Panyaweuyan Argapura, secara administrasi berada di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Kini, Terasering Panyaweuyan yang merupakan destinasi agrowisata di Kabupaten Majalengka menjadi salah satu surga bagi pencinta fotografi, atau wisatawan yang ingin menikmati panorama ladang yang tersusun rapi. Tiap minggunya didatangi oleh wisatawan dan fotografer baik lokal maupun dari luar daerah Majalengka. Satu catatan, nikmatilah pemandangan di Panyaweuyan, tapi jangan sampai merusak dengan menginjak-injak tanaman pertanian yang ada di sana hanya demi selfie.

Panyaweuyan sendiri merupakan suatu tempat dimana pengunjung bisa melihat beberapa gunung yang berada di daerah yang berada berdekatan dengan Kabupaten Majalengka. Adapun waktu terbaik untuk menikmati semua keindahan yang ada di Terasering Panyaweuyan adalah pagi hari, sejak pukul setengah 6 pagi hingga pukul 8, wisatawan akan terhipnotis keindahan alam di Panyaweuyan.

Rute ke Terasering Panyaweuyan Argapura
Jika Anda ingin mencoba menikmati keindahan panorama di daerah Terasering Panyaweuyan, dari Kabupaten Majalengka Anda bisa mencari Terminal Maja setelah itu mengikuti jalan yang mengarah ke Argalingga sampai di pertigaan Sadasari-Sukasari belok kanan. Setelah jembatan Cilongkrang belok kiri, atau bisa bertanya arah menuju Teja Permana/Cibunut atau Cibuluh.

Kondisi jalan cukup baik hanya agak sempit bila kendaraan roda 4 berpapasan, jadi ketika sudah memasuki kawasan pertaniannya lebih baik menggunakan roda 2 atau bisa dengan berjalan kaki. Jika anda yang doyan gowes pun, tak ada salahnya untuk mencoba ngegowes ke tempat ini. Adapun kondisi terbaik menikmati panorama alam di Panyaweuyan adalah musim hujan, karena kondisi alam yang hijau.

Gunung Batu Panyaweuyan
Desa Teja, Kecamatan Argapura, Majalengka
[lihat lokasi di sini]

- Foto-foto di Panyaweuyan, Argapura lihat di sini.
- Video keindahan Panyaweuyan, Argapura tonton di sini.