Wisata Jabar

Banyu Alam Resort Hotel, Penginapan Menawan di Kaki Gunung Guntur





Sebagai sebuah kawasan wisata di Jawa Barat, Garut memang merupakan tempat yang tepat untuk mendirikan bisnis hotel dan penginapan, apalagi yang berdekatan dengan titik-titik objek wisata. Beragam konsep dan layanan ditawarkan para pengusaha perhotelan untuk memanjakan para wisatawan agar betah dan kembali lagi mengunjungi kota dodol ini.

Salah satu tempat yang bias dijadikan tempat untuk melepaskan penat setelah seharian mengunjungi objek wisata di Garut adalah Banyu Alam Resort Hotel. Terletak di Jl. Cipanas No. 102, Tarogong, Kabupaten Garut, Banyu Alam menawarkan penginapan yang tenang dan nyaman di kaki salah satu gunung berapi di negeri ini, yaitu Gunung Guntur. Sangat cocok bagi Anda yang ingin rehat setelah sekian lama bergelut dengan kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Pesona Keindahan di Garut
Begitu memasuki gerbang Banyu Alam Resort Hotel, Anda akan langsung disambut oleh bagian depan hotel ini berupa rumah joglo yang merupakan bagian lobi. Berjalan sedikit ke belakang, maka Anda melihat jejeran bungalow di sekitar kolam besar yang terhampar memanjang. Bungalow-bungalow yang terbuat dari kayu dengan dinding dari bilik bambu, atap rumbia, dan lantai papan, membangun suasana yang lekat dengan perdesaan. Setiap bungalow ini memiliki nama tersendiri, seperti Paniisan, Panglawungan, dan Pamidangan. Jenis-jenis bungalow ini terdiri dari bungalow A2, A1, B, C, Junior Suite, dan Suite Room.

Kolam besar yang memisahkan deretan bungalow di sebelah barat dan timur, juga merupakan kelebihan lain Banyu Alam karena bisa memberikan ketenangan kepada para tamu sambil duduk di bagian beranda. Bahkan, Anda yang gemar memancing dipersilakan untuk mengail ikan dan membakarnya.

Dan nun di sana, Gunung Guntur tinggi menjulang dengan lereng-lerengnya yang tandus, punggung-punggungnya yang landai dan terjal terpahat seperti tonjolan otot-otot para binaragawan, hingga bagian puncaknya yang angkuh menyentuh awan gemawan. Bila cuaca sedang cerah dan tidak tersaput awan tebal, semua itu terlihat begitu jelas dari Banyu Alam Resort Hotel saking dekatnya jarak hotel ini dengan Gunung Guntur.

Bagian dalam bungalow memperlihatkan bangunan ini tidak sepenuhnya terbuat dari kayu dan nyaman bambu, karena bagian belakangnya merupakan dinding dan lantai tembok yang dihubungkan dengan empat titian anak tangga. Meski demikian, tidak mengurangi kenyamanan dan kesan hangat bungalow-bungalow ini. Apalagi di kamar mandi, selain bisa membasuh badan dengan air dingin, Anda pun dapat berendam dengan air hangat di dalam kolam mini  (mini swimming pool). Tinggal pilih keran yang akan mengalirkan air sesuai selera Anda, panas atau dingin. Air panas ini merupakan air panas alami dari Gunung Guntur.

Tarif Bungalow
Banyu Alam memiliki 30 unit bungalow yang tarifnya bergantung pada jenis yang dipilih dan waktu menginap, yaitu weekday, weekend, dan holiday. Hari-hari yang disebut weekday adalah dari hari Minggu hingga Kamis, weekend dari Jumat sampai Sabtu, dan holiday adalah libur-libur hari besar nasional. Kisaran tarif menginap di bungalow Banyu Alam pada weekday antara Rp 400.000 sampai Rp 750.000, weekend antara Rp 600.000 sampai Rp 1.100.000, dan holiday antara Rp 680.000 sampai Rp 1.500.000.

Rute ke Banyu Alam, Cipanas, Garut
Untuk mencapai Banyu Alam Resort Hotel, Anda yang berasal dari Jakarta atau Bandung bisa menempuhnya melalui jalur Nagreg. Begitu keluar dari gerbang Tol Cileunyi, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke arah Rancaekek, kemudian Cicalengka, menuruni Nagreg. Kemudian belok ke kanan menuju ke Garut, lewat Kadungora dan Warungpeuteuy. Di daerah Tarogong, belok ke kanan menuju daerah Cipanas.

Sementara bila naik angkutan umum, Anda bisa menggunakan bus atau elf atau bus jurusan Garut, kemudian turun di pertigaan Jalan Bandung-Garut dengan Jl. Tarogong. Dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Terminal Guntur-Cipanas. Banyu Alam Resort Hotel terletak di sebelah kiri jalan bila Anda datang dari arah Bandung.

Nah, walaupun masa liburan panjang telah lewat, namun bagi Anda yang memiliki waktu luang untuk melakukan refreshing ke Garut dan mengintip weekday dengan harga yang ekonomis dalam mencari tempat menginap, maka sekaranglah saat yang tepat untuk memilih Banyu Alam Resort Hotel.

Banyu Alam Resort Hotel
Alamat: Jl. Cipanas No. 102 Tarogong, Kab. Garut, Jawa Barat
Telepon: 0262-2247540