Wisata Jabar

Wisata Body Rafting di Sungai Citumang, Pangandaran





Pernahkah Anda mencoba melakukan body rafting? Yaitu menyusuri sungai tanpa menggunakan sampan atau perahu. Dengan hanya berbekal pelampung yang terikat ke tubuh, Anda menyusuri aliran sungai yang berair bersih kebiruan dan menikmati panorama di sekeliling sungai yang berupa batu-batu cadas dan pagar pepohonan dengan akar-akar dan surainya yang terjulur ke air.

Keadaan sekeliling yang hening dan kondisi alam yang masih terjaga, akan membuat Anda merasa damai dan tenteram. Hanya musik alami seperti gemericik air, desau angin yang mengusik pepohonan, dan suara burung dan satwa hutan lainnya yang akan menemani Anda.

Anda dapat merasakan wisata yang berbeda ini di Sungai Citumang yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Wisata ke tempat ini bisa Anda lakukan satu paket dengan berwisata ke Pantai Pangandaran yang sudah terkenal, karena jaraknya relatif tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 15 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar tiga puluh hingga empat puluh menit.

Rute Menuju Sungai Citumang, Pangandaran
Untuk mencapai Sungai Citumang, Anda yang berwisata ke Pangandaran, tinggal mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Parigi. Keadaan jalan bervariasi, antara yang relatif baik dengan lapisan aspal, namun ada juga yang rusak dan harus dilalui dengan hati-hati.

Mendekati lokasi, Anda akan menemui jalan buntu sehingga harus memarkirkan kendaraan dan menitipkannya pada masyarakat setempat. Selanjutnya berjalan kaki sekitar tiga ratus hingga empat ratus meter.

Sementara bagi Anda yang memakai kendaraan umum, dari Pantai Pangandaran bisa menumpang angkutan umum menuju Cijulang, lalu menempuh jarak sekitar empat kilometer sisanya dengan naik ojek dan berjalan kaki.  Berjalan kaki dari area parkir menuju Sungai Citumang bisa menjadi hiburan tersendiri, karena Anda akan melewati kawasan persawahan dan perkebunan.

Ada dua jalur yang bisa dilalui menuju Sungai Citumang, yaitu melalui Dusun Bantarsari atau Dusun Sukamanah. Anda yang akan melakukan body rafting, disarankan masuk melalui Dusun Bantarsari karena di sinilah terletak loket masuk dan merupakan titik awal dari body rafting, sedangkan Desa Sukamanah justru merupakan titik akhir dari body rafting.

Petualangan Body Rafting di Sungai Citumang
Setelah membayar tiket Rp 10.000, petualangan Anda akan dimulai dengan mengunjungi Gua Lalay di Gunung Tiga. Di sini Anda bisa memacu adrenalin dengan naik ke pohon dan melompat ke dalam air dan berenang. Sementara bagi Anda yang berencana melakukan body rafting di kawasan wisata yang dikelola Perhutani BKPH Pangandaran ini, terlebih dahulu Anda harus mengenakan jaket pelampung yang disewa dari pengelola sebesar Rp 10.000 yang di dalamnya sudah termasuk asuransi jiwa.

Selama melakukan body rafting, wisatawan tidak akan dilepas begitu saja berkeliaran. Pengelola menyediakan pemandu yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi, sehingga aktivitas body rafting Anda akan berlangsung aman dengan mengikuti setiap arahan.

Setelah melakukan pemanasan, barulah pemandu akan mulai mengarahkan wisatawan menghiliri Sungai Citumang untuk merasakan sensasi berbeda dari sebuah wisata air. Sejuk dan bersihnya air, berpadu dengan suasana damai di sekelilingnya, akan membuat perjalanan Anda selama sekitar satu hingga dua jam menyusuri sungai ini berlalu begitu cepat.

Selain melakukan body rafting, di Sungai Citumang juga Anda bisa menyaksikan aliran hulu sungai yang keluar dari sebuah gua menciptakan air terjun. Citumang merupakan sungai yang istimewa karena konon dibawahnya juga mengalir air di sebuah gua yang mulutnya terdapat di balik air terjun di bagian hulu.

Keunikan inilah yang menjadi asal mula sungai ini disebut Citumang, yaitu dari kata "cai" (air) dengan "tumpang" (menumpang). Jadi kata "cai tumpang" itu merujuk pada aliran air di atas yang menumpang pada aliran air di bawahnya. Alih-alih menyebut nama sungai ini dengan "Citumpang", masyarakat setempat kemudian lebih suka menyebutnya "Citumang". Spot menarik lainnya di sungai ini adalah Sanghyang Tikoro. Di tempat ini, air sungai masuk ke dalam bumi, kemudian keluar lagi dari ujung gua lainnya di bagian hilir.

Meski cukup potensial sebagai kawasan wisata alam, fasilitas di sekitar Sungai Citumang memang masih relatif minim. Sebelum jumlah kunjungan wisatawan semakin membeludak, pengelola perlu segera menyiapkan berbagai fasilitas agar para pengunjung merasa nyaman. Antara lain kamar ganti Pakaian, tempat Duduk, MCK, kantin, perahu, dan lain-lain.

Info penyedia layanan wisata body rafting Sungai Citumang:
Telepon: 085220923723
Pin BB.2226aa75
www.citumang.com