Wisata Jabar

Wisata Berkemah Eksklusif di Tanakita Camping Ground, Sukabumi





Kemping biasanya merupakan kegiatan yang dilakukan anak-anak pramuka atau para pencinta alam di bumi perkemahan dan gunung. Sebelum kemping, biasanya kita direpotkan dengan persiapan berbagai macam hal, seperti menyiapkan tenda, ransel, alas tidur, selimut, lampu badai, alat masak, persediaan makanan, obat-obatan, garam untuk menghindari serangan ular, senter, kompas, ponco, dan sebagainya. Nah, banyak sekali yang harus kita persiapkan bukan?

Jadi, buat apa repot-repot kemping --apalagi membawa keluarga-- kalau pada akhirnya hanya menyiksa diri sendiri dengan segala tetek bengek yang bisa membuat kita pusing. Salah-salah niat semula ingin memberikan liburan berkesan dan edukatif pada buah hati, yang didapat malah anak Anda rewel dan tenaga Anda terkuras tandas. Wah, apalagi pada musim hujan seperti sekarang bisa menjadi "bencana" .

Tapi eits, tunggu dulu. Sebelum Anda mencoret opsi berkemah dari daftar liburan Anda, sebaiknya pertimbangkan tempat kemping yang berada di sekitar Taman Nasional Gede Pangrango, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi ini. Namanya adalah Tanakita Camping Ground.

Kemping dengan Fasilitas Kenyamanan
Kemping yang satu ini berbeda dengan saat masih Anda menjadi anggota pramuka di sekolah menengah. Tanakita adalah tempat perkemahan yang membuat Anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan konvensional yang biasa dibawa saat berkemah. Jadi, saat datang ke camping ground yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini, Anda tidak perlu susah payah membawa tenda, matras, sleeping bag (kantong tidur), makanan karena semuanya sudah disediakan pengelola tempat ini.

Tanakita memang disediakan senyaman mungkin bagi Anda dan keluarga atau teman-teman. Di tempat perkemahan seluas 2 hektare dengan kapasitas 200 orang ini Anda bisa mandi air hangat atau dingin di toilet yang dilengkapi shower, tenda berkasur dengan kantung tidur dan bantal (satu tenda 3 kasur), function hall, gedung, dan tempat pertemuan berupa vila yang disebut dengan Rumera. Rumera ini cocok untuk kegiatan luar perkantoran karena terdapat dua ruang pertemuan dengan kapasitas 30 orang dan 15 orang, dilengkapi fasilitas presentasi seperti white board, flip chart, dan LCD projector.

Dengan semua fasilitas itu, harga yang ditawarkan memang sepadan yaitu untuk perorangan dan keluarga Rp 500.000 per orang. Biaya itu sudah mencakup satu kali sarapan, satu kali makan siang, dan satu kali makan malam, plus dua kali kudapan. Namun, untuk melakukan aktivitas lainnya seperti high ropes dan river tubing, Anda diminta biaya tambahan.

Bumi perkemahan ini pun dekat dengan Curug Sawer dan Situ Gunung yang dipagari jejeran pohon pinus. Di sini pun tersedia perahu apabila Anda ingin berlayar di Situ Gunung yang tenang. Bagi Anda yang membawa anak-anak, para pegawai Tanakita  akan membimbing mereka melakukan aktivitas permainan yang menyenangkan seperti membuat api unggun, mencari kunang-kunang, mempelajari koleksi hewan di Taman Nasional Pangrango, belajar memasak, mengarungi sungai atau river tubing dengan menggunakan ban karet, dan main flying fox.

Rute ke Tanakita dari Jakarta
Apabila Anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi, dari Jakarta arahkan kendaraan Anda ke Bogor, lalu ambil arah ke Sukabumi melewati Ciawi, melewati gerbang Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) di Kadudampit. Camping Ground Tanakita berada sekitar 200 meter arah ke kiri gerbang TNGP.

Bila Anda menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, Anda bisa naik Commuter Line ke Bogor, kemudian dilanjutkan dengan kereta ke Sukabumi, dan turun di Stasiun Cisaat Sukabumi. Dari sini, Anda melanjutkan dengan naik angkutan umum ke Tanakita.

Rute Tanakita dari Bandung
Anda yang berasal dari Bandung menuju Tanakita bisa naik kendaraan umum ke Terminal Leuwipanjang dan naik bus jurusan Sukabumi. Tiba di Terminal Sukabumi, naik angkot warna hijau jurusan Cisaat. Di dekat Polsek Cisaat, Anda ganti kendaraan dengan naik angkot merah jurusan Kadudampit. Seperti dari Jakarta, nanti turun di gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, belok kiri kemudian berjalan lurus hingga menemui gerbang Tanakita Camping Ground.

Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandung bisa langsung mengarahkan tujuan ke Sukabumi, lalu ikuti rute kendaraan umum ke Taman Nasional Gede Pangrango seperti di atas.

Lokasi Tanakita Camping Ground
 Situgunung, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat

Reservasi:
Jl. Lamandau IV No.17, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130
Telepon: 021-7200469
Faks.  : 021-7269761
HP     : 0813 111 35064
e-mail  : tanakita@rakata.co.id
Paket perorangan/Keluarga: Rp 550.000/pax (3 kali makan, flying fox, minuman gratis, jagung bakar, dll.)
Tubing : Rp 150.000