Wisata Jabar

Mempromosikan Potensi Wisata Pantai Legok Jawa, Pangandaran di Event PON XIX/2016



Berwisata ke daerah yang telah berpisah dari Ciamis ini, kita mungkin lebih mengenal Pantai Pangandaran atau Pantai Batukaras. Namun, di daerah ini ada pantai yang selama ini menyimpan pesona yang belum tergali. Kawasan Pantai Legok Jawa dikenal dengan keindahan pantainya yang berpasir nan landai berpadu dengan indahnya pepohonan yang hijau, serta bukit-bukit karang yang terpahat secara alamiah.

Seperti pantai-pantai selatan lainnya, Legok Jawa memiliki ombak yang besar dengan angin yang cukup kencang. Salah satu keunggulan Legok Jawa adalah pantainya yang relatif bersih dari sampah karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Pantai Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat tahun depan akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 untuk cabang olahraga berkuda. Pemerintah daerah setempat dan masyarakat saat ini sedang berbenah untuk pembangunan arena pacuan kuda.Bahkan untuk menyiapkan venue pacuan kuda, dilakukan pemotongan bukit dengan menggunakan bahan peledak.

Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dengan Potensi Wisata
Selain ditargetkan sukses menyelenggarakan salah satu cabang PON, masyarakat di Legok Jawa juga diharapkan menangguk sukses lain dari pesta olahraga terbesar se-Indonesia ini, yaitu meningkatnya perekonomian dan pariwisata di wilayah ini. Hal ini antara lain diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Rabu (2/12/2015). Apalagi, menurutnya, arena pacuan kuda di Legok Jawa tidak jauh dari bibir pantainya yang indah.

Aher menyatakan sudah memerintahkan Pemerintah Kabupaten Pangandaran memanfaatkan potensi Pantai Legokjawa untuk menjadi objek wisata unggulan. PON harus dijadikan momentum untuk menunjukkan keunggulan Legok Jawa karena pada saat itu pengunjung akan banyak berdatangan, antara lain atlet, ofisial, wartawan, dan masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan cabang olahraga berkuda. Gubernur pun meminta pemerintah kabupaten mendukung potensi para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) dengan memberikan berbagai fasilitas, sehingga mereka bisa berkembang.

Wisata Kuliner Hasil Laut
Daerah ini menyediakan hasil tangkapan nelayan berupa ikan dan lobster yang bisa dibeli wisatawan di tempat pelelangan dengan harga yang cukup murah. Wisatawan pun bisa mencoba-coba menangkap ikan dan makhluk laut lainnya di sela-sela karang yang bertebaran di pantai ini ketika air laut surut. Penduduk setempat menamakan kebiasaan ini bakarang.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Legok Jawa
Untuk mencapai Pantai Legok Jawa, Anda bisa naik kendaraan umum dari Terminal Cijulang atau Terminal Pangandaran dengan waktu tempuh sekitar 2 - 3 jam. Adapun dari Green Canyon bisa ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan ke arah barat. Jalan menuju Pantai Legok Jawa lumayan bagus bisa ditempuh semua kendaraan bermotor juga dilalui bus atauangkutan umum (dari Terminal Cijulang maupun dari Terminal Pangandaran). Dari terminal ada beberapa bus yang sampai ke Cimanuk dan melewati Pantai Legok Jawa.

Karena potensi pantai ini belum dikembangkan dan belum begitu banyak wisatawan yang datang, tak heran bila kita belum menemukan hotel di tempat ini. Masih butuh waktu untuk menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata. Barangkali waktunya akan datang pada tahun 2016, ketika PON berlangsung dan berbagai fasilitas telah dibangun pemerintah daerah setempat.