Wisata Jabar

Wisata Edukatif di Kebun Raya Cibodas, Cianjur





Siapa yang tak mengenal Kebun Raya Cibodas. Kebun raya yang didirikan tahun 1852 ini memang sudah sangat populer bagi para wisatawan, terutama bagi yang mencari tempat berwisata yang sejuk dan fresh. Datang bersama keluarga atau bersama rombongan yang lebih besar rasanya cocok-cocok saja ke objek wisata yang luasnya sekitar 80 hektare ini karena fasilitasnya lengkap. Lapangan parkir sanggup menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi, musala, MCK umum, selter, pendopo, teater alam terbuka.

Fasilitas Lengkap
Anda yang datang membawa buah hati, tak perlu khawatir anak-anak rewel karena di sini pun tersedia areal bermain bagi mereka. Sementara Anda yang berniat berkemah, tersedia lahan seluas 3 hektare yang dapat menampung 200 tenda. Bagi Anda anggota Pramuka, Kebun Raya Cibodas juga bersebelahan dengan Bumi Perkemahan Mandala Kitri.

Selain menjadi tempat berekreasi dan berlibur, Kebun Raya Cibodas pun merupakan tempat yang tepat sebagai objek wisata edukatif karena menjadi rumah bagi tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Di sini, Anda bisa menemukan pohon tusam dan tumbuhan runjung, tumbuhan paku pegunungan, dan kaliandra. Tak mengherankan kalau Kebun Raya Cibodas juga disebut Cibodas Botanical Garden karena memiliki banyak koleksi pepohonan.

Tak tanggung-tanggung, 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup di objek wisata yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur ini. Bila masuk ke rumah kaca (green house), Anda akan dapat menikmati keindahan 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek, dan tanaman langka lainnya.

Taman Lumut
Keunikan lain dari kebun raya ini adalah Taman Lumut Cibodas yang koleksinya berupa 216 jenis lumut dan lumut hati dari berbagai sudut Indonesia dan dunia. Konon, koleksi ini sebagai yang paling banyak di dunia. Semua jenis tanaman itu tertata dengan rapi dan cantik sehingga sangat indah dipandang mata. Saking indahnya, seorang fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went sampai berani menyatakan bahwa Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu surga dunia. Dengan kontur tanah yang bergelombang dan berbukit-bukit, Kebun Raya Cibodas memang sangat elok dan pantas bila menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain mengagumi beragam koleksi tanaman, Anda pun dapat mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya, seperti air terjun, danau, air mancur, kebun pohon sakura, sungai, dan lain-lain. Karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan hal-hal menarik dari kebun raya ini.

Mobil dan Kuda Wisata
Apabila Anda memiliki stamina yang kuat dan seorang penjelajah yang terlatih, mengeksplorasi keindahan Cibodas dengan berjalan kaki akan lebih menyenangkan karena dapat mencapai titik-titik yang lebih spesifik dan detail. Akan tetapi bila Anda cepat merasa lelah, apalagi bila repot membawa anak-anak, tentu lebih nyaman bila berkendara. Bila tidak membawa kendaraan, pengelola kebun raya ini menyediakan kendaraan angkutan khusus bagi pengunjung untuk berkeliling melihat seluruh isi Kebun Raya Cibodas. Mobil wisata berwarna hijau ini terdiri dari tiga gerbong yang masing-masing berisi empat baris bangku. Tarifnya sekitar Rp 5.000 per orang.

Namun bila ingin merasakan pengalaman yang lebih eksotis dan berbeda menikmati tempat ini, Anda bisa menyewa kuda untuk berkeliling, dengan tarif sekitar Rp 20.000. Setelah puas berkeliling, Anda bisa duduk-duduk beristirahat sambil menggelar tikar di lapangan rumput yang hijau dan luas.

Rute Menuju Taman Raya Cibodas, Cianjur
Ada banyak rute dan beberapa pilihan kendaraan untuk mencapai Kebun Raya Cibodas. Anda yang berasal dari Jakarta, salah satu jalur yang bisa Anda pilih adalah melalui jalan raya Bogor menuju Puncak lalu Cianjur. Sampai di persimpangan Cimacan, belok ke arah Kebun Raya Cibodas. Sementara bagi Anda yang berasal dari Bandung dan naik kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Leuwipanjang tujuan Sukabumi, kemudian turun di Terminal Cianjur. Dari sini naik angkutan ke Bogor, dan berhenti di simpang tiga Cimacan Cibodas. Lalu menggunakan angkutan umum rute Cipanas-Rarahan hingga Balai Taman Nasional Gede-Pangrango, selanjutnya tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas
Anak-anak sampai dewasa Rp 9.500/orang

Tarif Parkir
- Kendaraan roda dua Rp 5.000/unit
- Kendaraan roda empat Rp 16.000/unit