Wisata Jabar

Menjajal Aneka Wahana di Taman Wisata Matahari, Bogor




Kawasan Puncak Bogor dari dulu menjadi surga wisata, khususnya wisatawan lokal dari Jabotabek. Setiap akhir pekan dan masa liburan dipastikan tempat ini menjadi tujuan para wisatawan. Di sini kita bisa menikmati keindahan pesona alam di ketinggian dengan adanya hamparan teh, kabut yang selalu turun. plus hawa dingin khas pegunungan. Belum lagi dengan ketersediaan fasilitas pendukung, dari kuliner, penginapan, hingga aneka tempat wisata lain. Salah satunya Taman Wisata Matahari.

Lokasi  dan Rute Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Raya Puncak KM. 77, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sementara ute perjalanan jika dari arah Jakarta bisa melewati jalan tol Jagorawi. Keluar tol untuk mengambil jalur arah Ciawi. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan Commuter Line turun di stasiun Bogor. Kemudian naik angkutan kota (angkot) hijau, pilih nomor 03 menuju terminal Baranang Siang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil L300 arah Puncak.

Fasilitas Taman Wisata Matahari
Di sini ada lapangan duren, taman naga, mobil motor safari yang siap mengantarkan pengunjung mengelilingi taman secara gratis, saung manado, kolam ikan koi, gazebo, pasar murah untuk membeli oleh-oleh, toilet, dan musala. Untuk masuk lokasi wisata ini, harga tiket masuk Rp20.000 dari Senin-Jumat dan Rp25.000 di hari libur. Dengan harga tiket tersebut, Anda sudah bisa menjajal permainan gratis: sepeda air, sepeda wisata, paddleboat, dan perahu karet.

Di sini Anda bisa bermain bersama keluarga atau teman-teman dengan mencoba wahana permainan edukasi juga kegiatan outbond. Di sini, Anda bisa menjajal nyali dengan berarung jeram di Sungai Ciliwung yang melintasi area wisata tersebut, wall climbing, flying fox, perahu naga motor, sepeda air, bumper boat, dan ATV. Bagi anak-anak, bisa belajar langsung di alam dengan kegiatan menanam padi, membuat pupuk kompos, dan sebagainya.

Catatan lainnya jika Anda berkunjung saat musim liburan atau weekend, ada baiknya Anda ketahui jadwal buka tutup jalur Puncak. OUntuk menghindari kemacetan sebaiknya lakukan perjalanan ketika hari biasa. Selain tidak terlalu lelah ketika di perjalanan, juga dapat lebih menikmati panorama alam kaki gunung Gede-Pangrango serta lebih puas bermain dan belajar di Taman Wisata Matahari.

Jam Operasional
Taman yang berdiri sejak 2010 dengan seluas 30 hektare ini menyajikan pemandangan perbukitan kebun teh.. Anda bisa datang dan menikmatinya wisata di sini dari pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB (Senin - Jumat). Sementara akhir pekan buka pukul 07.30 WIB - 17.00 WIB.