Wisata Jabar

Pesona Pantai Batununggul, Kab. Pangandaran




Mungkin banyak orang sudah datang ke Pantai Pangandaran ataupun Pantai Batukaras. Tapi, mungkin masih sedikit orang yang mengenal objek wisata Pantai Batununggul. Padahal secara letaknya relatif tak jauh dari objek wisata Pantai Pangandaran dan Pantai Batukaras. Nama Pantai Batununggul, kini tengah menjadi buah bibir bagi para penikmat wisata pantai khususnya yang datang ke Pantai Batukaras.

Secara administratif Pantai Batununggul berada di wilayah Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Jika Anda ingin berwisata ke pantai ini dan kebetulan sedang berada di sekitaran Dusun Legok Pari, jalan untuk menuju ke Batununggul bisa Anda temui di belakang deretan toko yang menjajakan cenderamata. Rute menuju ke sana relati masih belum terjamah banyak orang, jalanannya pun masih berupa jalan setapak dengan sepanjang jalan dapat ditemui pepohonan albahasiah dan tanaman perdu yang rimbun. Jalanannya pun sesekali menanjak yang memberikan sensasi perjalanan yang menantang.

Akses yang berupa jalan setapak ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit. Kelelahan yang dirasakan selama perjalanan akan terbayar karena selama perjalanan menuju Pantai Batununggul Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam keindahan. Persis di tengah perjalanan tepat di atas buki yang dilintasi, Anda bisa melihat batu karang besar yang berdiri di pantai beserta deburan ombak pantai.  Setelah itu perjalanan akan menurun menuju bibir Pantai Batununggul.

Pantai yang masih perawan ini memiliki ombak keras serta karang yang besar dan beberapa pohon kelapa yang ada di sekitar pantai. Karena masih sedikitnya orang yang mengetahui keberadaan pantai ini, maka Pantai Batununggul sering disebut juga sebagai private beach Batukaras.

Penamaan Batununggul sendiri diambil dari sebuah batu karang besar yang bediri dengan kokoh dan tinggi di sebelah kiri pantai dan terpisah dari gugusan karang lainnya dan menyerupai tunggul atau tonggak yang terpancang di tengah lautan. Masyarakat setempat menuturkan bahwa karang tersebut juga dijadikan sebagai sarang burung elang.