Wisata Jabar

Menikmati Pesona Alam di Curug Cigangsa - Sukabumi



Jika membicarakan tentang potensi wisata yang ada di daerah Sukabumi, tentunya sudah banyak yang dikenal oleh masyarakat. Tapi tak lengkap jika tidak membicarakan objek wisata air terjun yang satu ini. Curug Cigangsa, Curug atau air terjun Cigangsa ini tidak kalah menariknya dengan air terjun yang lainnya di daerah Sukabumi. Panorama yang indah menambah daya tarik curug Cigangsa ini untuk dikunjungi.

Selain Curug Cikaso atau Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pelabuhan Ratu, Curug Cigangsa ini juga merupakan salah satu objek wisata di daerah Sukabumi yang sayang untuk dilewatkan. Karena Curug Cigangsa yang tingginya 30 meter ini memiliki keindahan yang memesona.

Secara administratif Curug Cigangsa ini terletak di Desa Batusuhunan, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Sedangkan secara geografis, curug ini terletak di gugusan pegunungan selatah Jawa Barat yang memiliki medan yang bebukit. Batuan yang tersusun di dinding Curug Cigangsa memiliki keunikan tersendiri dan menambah indah curug ini. Ada banyak yang bilang bahwa batuan itu berasal dari lava yang membeku, ada juga yang bilang bahwa Curug Cigangsa terbentuk karena adanya gempa yang besar di daerah ini.

Musim kemarau atau musim hujan juga sama-sama baik untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Musim kemarau debit air yang ada di curug ini akan sedikit kecil dibandingkan dengan musim hujan. Bila Anda mengunjungi Curug Cigangsa pada musim hujan sebaiknya pada awal dan akhir musim hujan, agar debit air yang ada di curug bisa lebih banyak sehingga menambah lebih indah Curug Cigangsa.

Rute menuju Curug Cigangsa
Curug Cigangsa ini berjarak kurang lebih 110 km dari kota Sukabumi ke sebelah selatan, atau sekitar 1 km dari kota kecamatan Surade.

Jika Anda tertarik berkunjung ke Curug Cigangsa, dari kota Sukabumi Anda bisa mengikuti jalur utama Sukabumi-Ujunggenteng. Letaknya berada setelah jalur masuk Curug Cikaso dan tepat di Alun-alun Kota Kecamatan Surade. Lalu Anda bisa mengambil jalan yang mengarah ke Terminal Surade, setelah itu Anda akan melewati bundaran Alun-alun Surade dari sana Anda akan banyak menemukan penunjuk arah menuju Curug Cigangsa. Pada umumnya tulisan yang ada di papan penunjuk arah akan tertulis Curug Luhur karena nama lain dari Curug Cigangsa adalah Curug Luhur.

Tak perlu khawatir dengan akses menuju lokasi Curug, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang ada atau dengan membawa kendaraan pribadi dengan kondisi jalan yang cukup baik untuk dilewati.

Fasilitas
Di area objek wisata Curug Cigangsa fasilitis yang ada sudah terbilang cukup baik. Terdapat areal parkir yang sangat luas, sarana kebersihan yang menunjang objek wisata. Akses menuju curug juga sangat baik, jalan setapak yang dilalui menuju air terjun dengan menyusuri pesawahan pun sudah dibuat dari beton jadi sangat membantu Anda.

Tepat di sekitar lokasi air terjun terdapat batu besar. Batu yang oleh masyarakat setempat diberinama Batu Masigit atau Batu Masjid ini bisa membantu pengunjung dalam menikmati keindahan Curug Cigangsa.