Wisata Jabar

Target 10 Juta Wisman pada 2016 Melalui Fasilitas Bebas Visa Kunjungan




Melalui Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015, fasilitas bebas visa kunjungan (BVK) bagi wisatawan asing diberikan pada 30 negara. Tahun 2016, pemerintah juga akan memberikan kebijakan memberikan fasilitas yang sama kepada 30 negara lainnya. Pemberian fasilitas bebas visa kunjungan itu terkait dengan pencapaian target mendatangkan 10 juta wisatawan mancanegara (Wisman).

Untuk 2016, wisman yang berkunjung ditargetkan mencapai 10 juta. Sementara kunjungan wisawatan lokal 255 juta . Dengan diberlakukannya BVK, diharapkan bertambah satu juta dalam waktu satu tahun. Atau efektifnya enam bulan ada tambahan 500 ribu.

Para stakeholder terkait pariwisata realistis dalam memandang pemberian fasilitas bebas visa kunjungan itu, dengan melakukan outward looking, tidak bisa hanya melihat diri sendiri. Untuk kebijakan bebas visa ini, Malaysia telah meluncurkan program bebas visa bagi 164 negara. Sementara Indonesia sebelumnya hanya 15 negara. Negara lain yang memberikan bebas visa adal Thailand yakin 56 negara.

Bebas visa itu diharapkan juga bagi para pelaku usaha untuk lebih meningkatkan pelayanan. Hal lainnya juga dibarengi dengan mengurangi kompetisi atau meningkatkan competitiveness dibandingkan negara-negara pesaing terdekat. Diharapkan pada 2016 nanti fasilitas bebas visa kunjungan akan berlaku 30 negara baru.

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah minta agar negara yang diberikan fasilitas bebas visa juga memberikan balik kepada kita untuk bebas visa. Sejauh ini tidak ada penolakan dari negara-negara yang akan diberikan bebas visa ke Indonesia.   Selain itu, di pelayanan akan lebih mudah untuk pihak imigrasi Indonesia.