Wisata Jabar

Inilah Data dan Fakta Seputar Preman Pensiun (1)




Sinetron Preman Pensiun menjadi fenomena sendiri dalam industri tayangan televisi Tanah Air. Sinetron ini mampu menyedot perhatian masyarakat dan selalu berada di puncak rating selama sinetron ini ditayangkan. Begitu pula dengan para pemain debutan yang namanya ikut naik daun dengan karakter-karakternya yang khas dan kini banyak didolakan masyarakat.

Bagi Anda penggemar sinetron Preman Pensiun berikut ini data dan fakta seputar sitkom garapan Aris Nugraha ini.

1. Tayangan Preman Pensiun season 1 sebanyak 36 episode dan season 2 sebanyak 46 episode.
2. Sampai tayangan season 2, jumlah pemain lebih dari 50 orang.
3. Share PP2 cukup tinggi sebesar 32,2, di tengah serbuan program religi di bulan Ramadhan.
4. Kaos original Preman Pensiun terjual lebih dari 7000 kaos. Ini belum kaos bajakan yang dibuat secara ilegal dan menyebar di masyarakat.
5. “Demi Tuhan, saya biasa saja,” ujar Aris sambil mengangkat tangannya saat ditanya bagaimana perasaannya sinetronnya bisa sukses bahkan menduduki rating nomor satu saat ini.  (Sumber: Tabloid Bintang, Sabtu, 11 Juli 2015)
6. Sang Sutradara, Aris Nugraha bahkan biasa menawari orang untuk bermain dalam PP2 cukup melihat wajahnya saja. “Misalnya ada pemain yang awalnya sedang menonton syuting, saya langsung mengajak gabung dan dia bisa memerankan apa yang saya inginkan,” jelas Aris yang pernah melakukan kasting terhadap 2.000 orang namun tidak ada satu pun yang dia pilih. (Sumber: Tabloid Bintang, Sabtu, 11 Juli 2015).
7. Saat dilaksanakan open casting pada Februari 2015 yang dilaksanakan di Hotel Lodaya, Bandung, awalnya pihak penyelenggara hanya mengundang beberapa orang untuk ikut audisi, namun kemudian ada sekitar 2000 orang ikut open casting. Kegiatan ini pun menganggu lalu lintas di sekitar Jalan Lodaya. Hingga akhirnya pihak kepolisian membubarkan kegiatan audisi ini.
8. Untuk Preman Pensiun 3 tidak digelar open casting karena berkaca pada kejadin casting di Preman Pensiun season 2.
9.  Preman Pensiun seharusnya selesai di episode 14 season 1, tapi pihak RCTI tidak bisa terima, kemudian Preman Pensiun dibuat lanjutannya. (Sumber: akun Twitter @aris_nugraha)
10. Selama syuting ataupun rehat syuting, para pemain biasa melaksanakan meet and greet dengan berbaur bersama masyarakat. Antara lain dengan meet and greet di Car Free Day (Jln. Buah Batu dan Jln. Dago) serta atas undangan masyarakat (hajatan, kegiatan RW, hingga acara amal).