Wisata Jabar

Profil Para Pemain Sinetron Preman Pensiun: Didi Petet, Epy Kusnandar, Ikang Sulung




Seiring naiknya pamor sinetron garapan Kang Aris Nugraha, para pemain yang selama ini kurang dikenal masyarakat pun mulai menjadi idola baru. Mungkin juga bagi Anda penggemar setia sinetron yang punya ciri Bandung pisan ini, ingin lebih tahu sosok-sosok pemain yang ditayangkan setiap sore di RCTI ini. Sebagian besar, para pemain memang baru merambah di dunia akting. Tak heran jika peran mereka pun terlihat sangat natural dan terkadang sisi mereka dibawa dalam adegan yang mereka mainkan.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat sosok para pemain, www.wisatajabar.com menyajikan sisi lain profil para pemain dalam beberapa bagian tulisan. Maklum saja, para pemain Preman Pensiun ini lebih dari 30 urang dan semuanya masing-masing mempunyai karakter tersendiri dan disukai masyarakat. Inilah profil mereka yang berhasil kami rangkum dari wawancara dengan para pemain serta informasi dari sumber lain.

1. Didi Petet Pemeran Kang Bahar
Sosok Didi Widiatmoko, pemeran pemimpin preman Bandung ini telah meninggalkan alam fana ini pada Jumat, 15 Mei 2015 pada pagi hari. Kang Didi merupakan aktor kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 12 Juli 1956 yang lama tinggal di Bandung. Ia pernah menempuh pendidikan di SD Sabang Bandung, SMPN 5 Bandung, dan SMAN 3 Bandung. Pilihan di dunia teaterlah yang kemudian ia lebih melanjutkan ke Institut Kesenian Jakarta.

Untuk itulah, kehidupan di Bandung sudah mendarah daging bagi Kang Didi. Ia pun dikenal dekat dengan para seniman dan budayawan Bandung, seperti Kang Harry Roesli, Kang Aat Soeratin, dkk. Apalagi saat ia berhasil memerankan tokoh Si Kabayan dalam beberapa sekuel film Si Kabayan pada era 80-an. Film kerja sama dengan para seniman, pemerintah Jawa Barat, dan tokoh-tokoh Jawa Barat mampu mengangkat tanah Jawa Barat dalam kancah perfilman nasional. Selain itu, film ini juga mengangkat para pemain wanita seperti Paramitha Rusady, Desy Ratnasari, hingga almarhumah Nike Ardila.

2. Epy Kusnandar Pemeran Kang Mus
Perannya di Preman Pensiun sebagai tangan kanan Kang Bahar. Pria asli Kota Dodol, Garut ini lahir 1 Mei 1964. Ia merambah Jakarta untuk mengukuhkan eksistensinya di dunia peran. Ia  lulus SMA di Garut pada tahun 1983. Namun, pada 1989, Kang Epy baru melanjutkan ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Ia pun kemudian aktif di berbagai sanggar teater seperti Pantomim Sena Didi dan Theater Aristokrat. Kariernya pun moncer di dunia seni peran dengan main di layar kaca dan layar lebar.

Di sinetron Preman Pensiun 2, ia berpean menjadi pemimpin utama para preman. Posisinya menggantikan Kang Bahar (Didi Petet) yang menyerahkan estafet kekuasaan "bisnis" pada pria yang gemar mengoleksi batut akik ini. Di rumahnya, Kang Mus berlawan adegan dengan Ceu Esih/Istrinya, Emak (mertuanya), Eneng (anaknya), Ceu Edoh (pembantunya), dan kadang dengan Dea (keponakannya).

3. Ikang Sulung Pemeran Bos Jamal
Di Preman Pensiun 2, Koban alias Koboy Bandung ini diceritakan telah keluar dari penjara. Upayanya untuk semakin balasa dendam pada Kang Mus semakin terlihat di season 2 ini. Ia tak letih mengajak anak buahnya untuk terus menganggu hegemoni kekuasaan preman di Bandung yang dikuasai Kang Mus. Ia juga selalu mengeluarkan strategi adu domba plus memanfaatkan kelemahan anak buah Kang Mus.

Ikang Sulung sudah lama malang melintang dalam dunia hiburan; dari dunia lawak, sinetron, hingga dunia panggung. Di dunia panggung, ia dikenal sebagai personil Sulung yang pernah ikut audisi di Audisi Pelawak TPI (API). Kariernya juga pernah merambah di dunia sinetron. Ia juga merupakan anggota dari P Project. Namun, bagi pria lulusan Unpad ini di Preman Pensiun-lah karier aktingnya terlihat moncer. Walaupun berperan sebagai tokoh antagonis, sosoknya banyak diidolakan oleh para penggemar Preman Pensiun.