Wisata Jabar

Curug Cirajeg, Keindahan yang Tersembunyi





Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata segudang, mulai dari wisata kuliner, wisata pantai, wisata rafting di sungai sampai wisata air terjun atau curug. Memang banyak wisata air terjun di Sukabumi ini, dan sudah banyak di kenal orang karena keindahan alamnya.

Bagi anda yang ingin menjelajahi dan menikmati curug yang satu ini, curug yang mulai hangat dibicarakan orang-orang. Curug yang terletak di sekitaran pesawahan yang membentang hijau, namanya Air Terjun / Curug Cirajeg.

Lokasi
Secara administratif Curug Cirajeg ini terletak di Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Diperlukan waktu tempuh normal sekitar 1-2 jam dari Kota Sukabumi ke Kecamatan Purabaya. Untuk menuju Kecamatan Purabaya, ambil arah Baros dari Kota Sukabumi, kemudian ikuti jalan menuju Sagaranten. Kondisi jalan dari Baros hingga Purabaya tidak terlalu baik, terutama di Kecamatan Nyalindung.

Akses Menuju Lokasi
Jika anda ingin berkunjung ke Curug Cirajeg, anda bisa masuk dari Sukabumi Kota menuju ke daerah Sagaranten, tepatnya ke Pasar Purabaya. Dari Pasar Purabaya anda akan melewati permukiman penduduk dan berikutnya akan melalui area perkebunan yang cukup luas. Jika anda cukup kesulitan bisa menanyakan kepada warga setempat.

Kondisi jalan setelah permukiman di belakang Pasar Purabaya masih belum tertata, terutama di perkebunan menuju Desa Neglasari. Memasuki area perkebunan hingga Desa Neglasari, jalan akan berubah menjadi batu.

Setibanya di Desa Neglasari, terus ikuti jalan utama hingga Dusun Cirajeg yang ditandai dengan adanya lapangan luas di sisi kiri jalan. Jika anda sudah sampai di Dusun Cirajeg, ambil jalan yang menuju lapangan bola ke permukiman penduduk.

Kendaraan roda empat hanya akan bisa sampai di lapangan bola, sedangkan kendaraan roda dua dapat sampai ke rumah terakhir tepat sebelum pematang sawah. Anda bisa parkir dan menitipkan kendaraan anda ke warga setempat. Perjalanan diteruskan sekitar 20 menit dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang naik turun, untuk sampai ke Curug Cirajeg.

Curug Cirajeg merupakan air terjun yang berada di tengah areal sawah yang cukup luas. Warna putih air terjun sangat kontras dengan hijau/kuning area persawahan dan batuan dinding air terjun yang hitam. Nama Cirajeg juga menjadi penamaan sebuah Sesar yang kemungkinan besar membentuk Curug Cirajeg, yaitu Sesar Cirajeg.

Hal ini sedikit menjelaskan pembentukan Curug Cirajeg dan bentuk dinding air terjun Cirajeg yang jika dilihat dari jauh memiliki garis horizontal yang sedikit miring. Curug Cirajeg dapat diklasifikasikan ke dalam tipe air terjun Block Waterfall, Horsetail Waterfall Tiered Waterfall dapat menjadi klasifikasi air terjun ini meskipun belum sempurna.

Tidak ada kolam di bawah Curug Cirajeg, hal ini salah satunya menandakan bahwa batuan dinding Curug Cirajeg termasuk ke dalam jenis yang tahan terhadap erosi. Curug Cirajeg termasuk ke dalam air terjun semi permanen, karena bila hujan tidak terus menerus turun, volume jatuhan airnya akan sangat kecil. Karena belum banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini, bisa menjadikan destinasi wisata pilihan bagi anda yang ingin berekreasi dengan suguhan alam yang masih asri.