Wisata Jabar

Batu Pancawarna Garut akan Dijadikan Souvenir PON XIX Jabar




Demam batu akik menjalar ke berbagai kalangan dan telah menjadi trend bagi pemerintahan. Setelah sukses menjadi suvenir pada peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) lalu. Kini batu pancawarna kembali dilirik untuk menjadi suvenir di Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX. Rencananya, perayaan olah raga ini akan diselenggarakan di Jawa Barat tahun 2016 mendatang.

Peraih medali pada PON XIX akan mendapatkan suvenir berupa batu akik pancawarna akan tetapi untuk jenisnya masih dimusyawarahkan oleh pengrajin batu akik Lasmingrat Kabupaten Garut. Ada beberapa batu akik pancawarna yang akan menjadi pilihan suvenir PON XIX yaitu Pancawarna Edong, Pancawarna Ciangel serta Pancawarna Darson.

Sekilas Tentang Batu Pancawarna Garut
Batu Pancawarna Garut adalah salah satu jenis batu akik yang memiliki lima warna dengan percampuran warna yang abstrak dan unik, yang bisa kita dapatkan di Garut kota dodol.

Satu lagi batu akik yang paling dicari oleh penduduk lokal maupun mancanegara adalah Pancawarna Garut. Sesuai dengan namanya, yaitu panca yang dari bahasa Sansekerta yang berarti lima batu ini juga memiliki tak kurang dari lima warna. Warna-warna abstrak dari batu ini sangat menarik jika dipandang, sehingga banyak yang ingin memilikinya.

Kualitas Super
Batu Akik Pancawarna sendiri bisa dibedakan harganya dari kualitas masing-masing batu. Para kolektor sendiri lebih senang dengan batu yang memiliki kualitas super, sehingga sudah bisa dipastikan kekuatan dan warna dari batu ini berbeda dengan batu kualitas biasa. Sedangkan untuk kualitas biasa ini lebih banyak dipakai para penduduk.

Percaya atau tidak, batu panca warna sendiri memiliki khasiat yang dipercaya oleh para pencari, dan juga pemakainya. Khasiat Batu Panca Warna yang paling terkenal adalah dapat meningkatkan kewibawaan. Dengan iming-iming khasiat yang seperti ini, maka tak heran jika banyak para pejabat yang ikut memakainya.

Batu Akik Panca Warna termahal  sudah tentu memiliki kriteria tersendiri sehingga batu ini terlihat sangat spesial dari batu yang lainnya. Adapun kriteria batu ini antara lain memiliki warna yang bagus dan lebih jelas dari yang lain, warnanya unik dan memiliki kekerasan yang lebih baik dari golongannya. Kriteria seperti ini bisa didapatkan dari batu panca warna kristal.