Wisata Jabar

Wisata Unik di Kuburan Kereta Api Purwakarta




Bagi Anda yang suka dengan berfoto-foto tak ada salahnya untuk mencoba berwisata foto di kuburan kereta api. Warna-warni tumpukan besi tua lantas membuat mata berkelana menyusuri setiap sisinya yang unik. Bertumpukan sejajar dan begitu rapi, menjulang hingga ketinggian tujuh meter. Indah namun mistis. Kemisteriusannya mengundang rasa penasaran banyak orang untuk mendekatinya.

Inilah gerbong-gerbong kereta komuter dan jenis lainnya yang sudah tidak terpakai lagi. Mereka teronggok dikarantina di Stasiun Purwakarta, Jawa Barat. Penuh coretan graffiti, tampak berkarat, usang, merupakan penampakan sekilas dari gerbong-gerbong tua di area pembuangan bangkai kereta sementara ini.

Wisatawan yang turun di Stasiun Purwakarta atau mereka yang sedang transit di stasiun ini dapat turun sekadar untuk berfoto di dekat tumpukan gerbong-gerbong berwarna ini. Kapan lagi bisa melihat kuburan kereta tak terpakai ini.

Bagi penyuka hal-hal vintage, gerbong ini dapat menjadi obyek menarik untuk mengabadikan momen sendiri ataupun bersama teman-teman. Hanya saja wisatawan harus sedikit “diam-diam” dari penglihatan petugas stasiun untuk berfoto dekat gerbong-gerbong yang tak bermasinis ini yang sebenarnya memiliki akses terbatas bagi siapapun di sana.

Gerbong-gerbong kereta bervariasi dari jenis komuter, kelas ekonomi dan ekonomi ac bekas yang berasal dari berbagai daerah operasi yang kini telah digantikan oleh KRL Commuter Line. Tersusun bertingkat bak caravan tua yang ditinggalkan pemiliknya, gerbong-gerbong ini tampak begitu menarik hati untuk dijadikan background foto narsis Anda.