Wisata Jabar

Kesejukan Alam dan Keramahan Warga Desa Wisata Cibuntu, Kuningan




Desa Cibuntu merupakan sebuah desa yang termasuk unik karena keberadaan desa tersebut merupakan ujung desa dan berada di lereng Gunung Ciremai. Jadim setelah Desa Cibuntu selanjutnya merupakan hutan pinus yang merupakan area hutan Gunung Ciremai. Desa Cibuntu merupakan sebuah desa yang penghuninya diperkirakan sudah ada sejak zaman batu, perkiraan itu bukan tanpa dasar karena di Desa Cibuntu pernah ditemukan benda-benda purbakala berupa alat yang dibuat dari batu, giok dll.

Ada beberepa tradisi yang sampai saat ini masih dipertahankan yaitu dengan sikap kegotong-royongannya dalam melakukan kegiatan-kegiatan, seperti : pembangunan rumah, saling membantu biaya rumah sakit, biaya persalinan, dll.

Keramahan Warga Desa Cibuntu
Desa Cibuntu sebuah desa yang berada di kaki Gunung Ciremai Jawa Barat. Masyarakat Desa Cibuntu yang terbuka terhadap pendatang (wisatawan) adalah suatu poin tambahan bagi desa tersebut bisa lebih maju dan mampu menjadi Desa Wisata yang terbaik di Indonesia. Salah satu bentuk keramahannya adalah jangan heran jika penduduk dengan ramah akan menyajikan Tesreh (teh sereh), minuman kombinasi hangat dan segar

Warga pun tak sungkan biasa mengantar tamu ke penginapan di rumah penduduk. Begitu pula barang bawaan para tamu akan dibantu oleh beberapa orang lelaki desa yang sangat ramah dan kuat. Dengan bantuan tour guide dari penduduk pun, pengunjung bisa mengunjungi eberapa situs sejarah dan purbakala yang terletak di Desa tersebut. Beberapa situ sejarah tersebut antara lain:

1. Situs Bujal Dayeuh. salah satu situs bersejarah yang terdapat di Desa tersebut. Bujal Dayeuh berarti perutnya Dayeuh. Situs ini usianya diperkirakan 5.000 - 10.000 tahun yang lalu yang mana artinya masih dalam era zaman batu kasar. Pada 1970 ditemukan beberapa perkakas bersejarah seperti batu, kapak,  gelang dan situs Hulu Dayeuh. Ditelisik pada zaman megalitikum, era penemuan tersebut sudah masuk kedalam era batu halus. Arca Purbakala secara kasat mata dapat dilihat dan ditemukan berbentuk batu kasar.
2. Situs yang berbentuk arca jenis perempuan atau ratu, warga menyebutnya dengan Situs Saurip yang artinya satu kehidupan atau kebersamaan. Pelancong pun dapat juga menikmati kesegaran mata air Cikahuripan. Mata Air Cikahuripan dipercaya dapat menjadi obat yang dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Rute Menuju Desa Cibuntu
Aktivitas wisata yang dapat dilakukan antara lain; sepeda gunung, agrowisata, wisata sejarah dan pengunjung dapat menginap di home stay serta dapat menikmati berbagai macam kuliner khas desa Cibuntu. Untuk menuju ke desa Cibuntu dari Cirebon adalah : Cirebon – Sumber (Plagon) – Mandirancan – Paniis- Cibuntu dengan jarak tempuh ± 30 km.=