Asyiknya Mendaki Gunung Lembu di Purwakarta




Sudah tidak diragukan lagi, berwisata mendaki gunung merupakan salah pilihan menyenangkan untuk berakhir pekan. Gunung Lembu di Purwakarta bisa dijadikan pilihan yang baik dan sayang untuk dilewatkan karena pemandangan di atas gunung sangatlah indah.

Jawa Barat bisa saja menjadi pilihan destinasi wisata banyak orang untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Dari mulai wisata kuliner, wisata budaya, wisata religi dan berbagai wisata unik lainnya yang dapat dijadikan pilihan. Salah satunya yaitu dengan berkunjung ke daerah Purwakrta. Purwakarta yang terkenal dengan kerajinan tanah liatnya ternyata menyimpan banyak pesona alam yang patut untuk dicoba.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Kota Purwakarta, salah satunya adalah Gunung Lembu. Gunung yang terletak di wilayah Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani ini, mulai menjadi primadona di kalangan pendaki. Gunung Lembu selain menawarkan pesona pemandangan Waduk Jatiluhur, kita juga bisa melihat eksotisme Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang berdampingan.

Akses menuju wisata Gunung Lembu cukuplah mudah. Perjalanannya bisa diakses melalui perjalanan darat dengan kendaraan pribadi, angkutan umum bahkan dengan menggunakan kereta Api. Dari pusat Kota Purwakarta, bisa mencari rute jalan menuju Desa Panyindangan, basecamp titik pendakian terdekat. Sesampainya di basecamp kita bisa mendaftarkan diri untuk izin pendakian, dan asyiknya tanpa dikenakan biaya simaksi. Hanya disarankan untuk menanam bibit pohon sebagai sosialisasi penghijauan hutan di Gunung Lembu.

Perjalanan menuju Puncaknya memakan waktu cukup variatif, antara 2-4 jam tergantung kondisi fisik dan kondisi lapangan, trek yang ditawarkan cukup menantang. Kontur dengan dominasi tanah merah dan deretan pohon bambu jadi pemandangan yang tersaji di awal pendakian. Jangan tertipu dengan ketinggiannya yang kurang dari 1.000 mdpl, karena jalur yang dilewati cukup terjal, ditambah apabila pendakian dilakukan pada saat hujan, jalanan sangat licin dan menguras tenaga.

Kondisi jalur sebelum puncak juga cukup menyita fokus dan perhatian,karena kanan dan kirinya terdapat jurang. Namun jangan khawatir, karena jalur alamnya sudah dikelola dengan baik. Mulai dari papan peringatan, tanda di setiap pos yang memudahkan dalam orientasi jalur, dan bambu pengaman yang dipasang di titik jalur-jalur yang sulit. Semuanya akan memberikan Anda rasa aman saat mendaki gunung Lembu

Pemandangan di Puncak Batu Lembu tersaji sangat indah, membuka hari melihat elok sang mentari jadi kegiatan kami di puncak. Banyak pendaki yang memanfaatkan momen tersebut dengan berfoto bersama, layak dicoba untuk para traveler untuk mengisi akhir pekan yang ceria. Dengan biaya yang relatif minim tapi kepuasannya maksimal, gunung Lembu layak untuk jadi pilihan.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS