Wisata Jabar

Menikmati Kesegaran Alam Objek Wisata Curug Muara Jaya, Majalengka





Bagi Anda yang ingin berwisata alam di daerah Majalengka, cobalah berkunjung ke Curug (air terjun) Muara Jaya (dikenal juga dengan nama Curug Apuy). Curug Muara Jaya berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura yang dikelola pada tahun 1999.

Curug ini berada pada aliran Sungai Muara Jaya di lereng Gunung Ciremai.  Curug ini termasuk tipe air terjun bertingkat (cascade) dengan ketinggian terjunan air keseluruhan kurang lebih 73 meter. Di curug ini terdapat dua tingkat air terjun, tingkat pertama merupakan air terjun utama yang jatuh dari ketinggian sekitar 60 meter pada dinding tebing batu, ementara tingkat dua merupakan air terjun yang lebih kecil hanya setinggi sekitar 13 meter.

Di kawasan sekitar curug ini berudara sejuk dan tanahnya sangat subur sehingga banyak ditemui hamparan kebun sayur mayur dan palawija, bahkan disini banyak sekali pohon kesemek tumbuh.  Di lokasi ini pada setiap tahunnya digelar upacara Pareresan yang dilakukan masyarakat setempat setelah panen raya.

Fasilitas Curug Muara Jaya

Cara Mencapai Curug Muara Jaya Dimana jarak yang harus ditempuh untuk menuju curug ini yaitu +20.1 km dari pusat kota Majalengka. Luas Curug Muara Jaya sebesar +2 Ha. Jarak dari tempat parkir menuju curug tersebut yaitu +300 m berupa jalan setapak yang telah menggunakan paping blok. Objek Wisata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam dengan panorama air terjun setinggi 73 m yang terdiri dari tiga umpak.Pada lokasi ini, setiap tahunnya digelar upacara pareresan yang dilakukan setelah panen raya.

Fasilitas yang terdapat di Curug Muara Jaya yaitu tempat parkir, tempat bermain anak-anak, bale pertemuan, toilet, warung, shelter, mushola, camping ground, dan loket (karcis). Jalan menuju objek wisata, dari pasar Maja sudah cukup baik dengan konstruksi aspal, kondisinya sudah lebar sehingga dapat dilewati oleh kendaraan mobil dua arah dengan lancar tetapi disebagian wilayah terdapat jalan yang masih rusak tidak adanya sarana transportasi berupa angkutan umum yang menuju ke curug tersebut, melainkan hanya mobil bak terbuka dan ojek.

Objek wisata ini merupakan tanah milik Pemerintah daerah yang dikelola oleh masyarakat, dimana terdapat pengelola khusus yaitu KOMPEPAR yang dipilih setiap satu tahun sekali. Curug Muara Jaya banyak diminati oleh pengunjung. Selain keindahan alam dan suasana curug yang memukau, disini juga tersedia area kemping yang bisa Anda gunakan untuk berkemah atau bermalam. Kegiatan berkemah Anda akan didukung oleh kejernihan air sungai dan rindangnya pepohonan sekitar, yang merupakan salah satu kelebihan objek wisata ini. Selain itu juga terdapat perkebunan pisang Apuy yang menjadi salah satu potensi desa setempat karena mempunyai rasa yang manis dan lembut.

Akses Menuju Curug Muara Jaya

Bagi yang menggunakan angkutan umum, dari kota Majalengka naik menggunakan angkutan umum jenis elf atau L-300 jurusan Maja.  Setiba di kota kecamatan Maja turun di dekat pasar, lalu carilah pertigaan persis di sebelah terminal Bis Maja.  Ambil jalan ke kiri (ke arah gunung).  Jalan tersebut adalah satu-satunya jalan menuju desa Argamukti lewat Maja.

Di pertigaan ini perjalanan diteruskan dengan berganti menggunakan angkutan mobil bak terbuka sejenis pickup, yang biasa digunakan warga untuk mengangkut penumpang dan sayur-mayur hasil panen. Memasuki Desa Argamukti, selanjutnya akan ditemui pertigaan lagi dengan penunjuk arah ke Curug Muara Jaya. Ambillah jalan ke kanan mengikuti petunjuk itu, dan tidak sampai lima menit kemudian tiba di gerbang curug.

Sesampainya di pintu gerbang ini kendaraan dapat di parkir di tempat yang disediakan di lahan parkir dekat loket. Dan selanjutnya dari tempat parkir ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang telah di paving blok dan diberi undakan sejauh kurang lebih 300 meter menuruni lembah sedalam lebih dari 100 meter.  Curug ini sendiri terletak sekitar 500 m di sebelah barat desa Argamukti.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Majalengka Regional Tourism & Culture Office
Jln. Gerakan Koperasi, Majalengka
Telepon: (0233) 282285
E-mail: kabmajalengka@westjava-indonesia.com