Wisata Jabar

Berwisata ke Taman Safari Indonesia






Bagi masyarakat Indonesia, nama Taman Safari Indonesia tentu sudah tidak asing lagi. Tempat yang berlokasi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata populer di Bogor khususnya kawasan Puncak. Setiap tahunnya, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat yang satu ini. Konsepnya memang masih mengacu pada wisata satwa dan habitatnya.

Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, Taman Safari Indonesia lebih menyuguhkan pada alam bebas dimana hewan-hewan dilepas seperti layaknya di habitat aslinya. Oleh karena itu jika datang ke Taman Safari Indonesia, anda akan benar-benar merasakan bagaimana sensasi melihat kehidupan satwa liar di habitat aslinya. Selain sebagai tempat wisata Taman Safari jugab berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Sejarah Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia ini dibangun pada tahun 1980 di atas perkebunan teh seluas 50 hektare. Penetapan Taman Safari Indonesia sebagai tempat wisata sendiri dilakukan oleh Soesilo Soedarman yang pada kala itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi. Sedangkan peresmian Taman Safari Indonesia sebagai pusat penangkaran satwa langka di Indonesia dilakukan oleh Hasyrul Harahap yang merupakan Menteri Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1990.

Sejak pertama kali berdiri, taman ini telah telah mengalami perluasan. Hingga saat ini, luasnya sudah mencapai 168 hektare dan telah dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana seperti sarana edukasi dan rekreasi. Bahkan pada akhir pekan dan libur panjang, tempat wisata ini juga menawarkan safari malam. Sebenarnya Taman Safari Indonesia ini tidak hanya terletak di Bogor saja. Saat ini, Taman Safari juga telah membuka tempat wisata sejenis di lokasi lain seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Jika berwisata di Taman Sari, pastikan untuk menyewa hotel di bogor demi memuaskan rasa penasaran Anda.

Koleksi & Fasilitas Taman Safari Indonesia

Koleksi Taman Safari ini terbilang cukup lengkap. Setidaknya ada sekitar 2.500 koleksi satwa yang mewakili satwa-satwa yang ada di dunia. Hampir seluruh satwa yang ada di dunia ada di Taman Safari ini. Beberapa satwa langka yang bisa ditemui di sini diantaranya adalah harimau, jerapah, singa, gajah, komodo, anoa dan orang utan. Selain itu, masih banyak satwa yang bisa Anda lihat di sini. Tidak hanya memiliki koleksi yang banyak, Taman Safari juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas bus safari, sepeda air, kolam renang, danau buatan dan seluncur ombak.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati suasana ala Afrika dengan kereta api mini yang telah disediakan oleh pihak Taman Safari. Tidak hanya itu saja, para wisatawan akan benar-benar dimanjakan dengan ragam atraksi menarik seperti gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, rumah setan, atraksi hewan, area gokart, kesenian tradisional dan masih banyak lagi.

Safari Siang
Berkendara keliling hutan dengan kendaraan pribadi, melihat tingkah laku satwa di balik jendela kendaraan anda. Menikmati 9 show satwa secara gratis. Dan aneka wahana permainan seperti rumah hantu 3D.

Safari Malam
Safari malam Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor menawarkan petualangan di alam terbuka. Pengunjung akan diajak melihat langsung aktifitas satwa dari dekat di malam hari  dengan menggunakan kereta wisata yang terbuka. Tak hanya itu, di arena rekreasi pengunjung dapat menikmati wahana permainan yang lebih seru dan dua atraksi pertunjukan. Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan aneka satwa yang unik dan menarik serta atraksi fire dance yang menakjubkan.

Biaya Tiket Taman Safari Indonesia

Harga tiket Taman Safari Indonesia memang tidak bisa dibilang murah. Akan tetapi dengan fasilitas yang ada, harga tersebut tampaknya memang sebanding dengan apa yang anda dapatkan.

Safari Siang
Domestik
Internasional
Dewasa (6 tahun ke atas)
Rp. 150.000
Rp. 300.000
Anak (1 - 5 tahun )
Rp. 140.000
Rp. 250.000
Mobil
Rp. 15.000
Rp. 15.000
Bus
Rp. 20.000
Rp. 20.000
Sepeda Motor
Rp. 5.000
Rp. 5.000

Safari Malam
Domestik
Internasional
Dewasa (6 tahun ke atas)
Rp. 150.000
Rp. 300.000
Anak (1 - 5 tahun )
Rp. 140.000
Rp. 250.000


Akses Menuju Taman Safari Indonesia
Tidak sulit untuk mencapai Taman Safari. Dari Jakarta, Anda dapat menggunakan mobil sewaan atau membeli paket tur yang ditawarkan oleh agen perjalanan. Letaknya tidak terlalu jauh, berkisar 80 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 1 - 2 jam jika jalanan tidak macet.

Jika dari Bandung dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, berhentilah di Cibeureum Cisarua. Selanjutnya lanjutkan dengan menggunakan angkutan kota sekitar 15 menit untuk sampai ke Taman Safari.
Ada banyak petunjuk di sepanjang jalan menuju Taman Safari mulai dari pintu keluar tol yang dapat memudahkan Anda menuju lokasi ini. Cisarua berada sebelum Anda sampai di Puncak Pass dari Gunung Pangrango. Dari arah tol menuju puncak, Anda akan menemukan petunjuk pintu masuk Taman Safari yang ada di sebelah kanan.

Taman Safari Cisarua Bogor

Jalan Raya Puncak 601
Cisarua Bogor 16750
Indonesia
Tel: (+62251) 8253000
Fax: (+62251) 8253555
info@tamansafari.com